Mengenal area kerja photoshop (photoshop work space)

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum anda bekerja dengan photoshop, tentu anda harus mengenal terlebih dahulu seperti apa area kerjanya, apa saja yang terdapat pada area kerja photoshop, dan seterusnya agar anda mengenal serta dapat dengan mudah mengoprasikan photoshop untuk tahap selanjutnya.

Berikut ini adalah area kerja photoshop pada versi 8.0 atau cs dan versi dibawahnya.

area kerja photoshop

Untuk memulai silahkan buka photoshop anda. Untuk membuka file, pilih menu File>open atau jalan pintas dengan menekan Ctrl+O. Buka gambar apa saja untuk ditampilkan pada area kerja photoshop seperti diatas.

Berikut ini adalah keterangan singkat mengenai area kerja photoshop.

1.     Menu Bar (adalah menu utama untuk membuaka file, membuat file baru, mengedit, dan lai-lain.)

2.     Option Bar (adalah pilihan dan pengaturan dari tool yang anda pilih. Misalnya anda memilih crop tool, maka pengaturan untuk crop tool berada pada area ini, begitupun ketika anda memilih tool yang lainnya.)

3.     Pallete well (adalah pintasan untuk mengakses brush, tool presets, layer comps, serta anda dapat meletakan pallete yang sering anda gunakan disini.)

4.     Pallete (adalah jendela-jendela kecil dimana masing-masing jendela terdapat pilihan serta perintah untuk gambar yang sedang anda kerjakan.)

5.     Toolbox (berisi tool-tool untuk mengedit gambar anda.)

6.     Image active (adalah gambar yang sedang anda buka. Tidak hanya satu gambar saja yang dapat anda buka dalam area kerja photoshop, melainkan banyak gambar secara bersamaan.)

Untuk area kerja photoshop versi selanjutnya yaitu cs3, cs4, cs5 sesungguhnya tidak ada perubahan yang begitu jauh dari versi 8.0 seperti diatas. Namun demikian bagi anda yang belum mengenal photoshop sebelumnya, tentu wajar apabila anda akan merasa kesulitan memahami serta mengoprasikan photoshop versi teranyar. Oleh karena itu saya sarankan agar anda memahami dan menguasai versi sebelumnya minimal cs3.

Bagi anda yang sudah mengenal bahkan memahami satu versi photoshop, sebagai contoh misalnya anda telah menguasai photoshop versi 8.0 seperti diatas. Maka untuk versi selanjutnya, dipastikan anda tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk memahami dan menggunakannya. Hanya saja sedikit dibutuhkan adabtasi dengan user interface atau tampilan barunya.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih. Salam smart.download artikel

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: